Head Display atau dikenal HUD adalah setiap tampilan transparan yang menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang yang biasa. Asal usul nama
berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala
diposisikan "up" dan melihat ke depan, bukan miring ke bawah melihat
instrumen yang lebih rendah.
Sebuah HUD khas berisi tiga komponen utama:. Sebuah unit proyektor, Combiner, dan komputer video generasi
- Unit proyeksi dalam HUD khas adalah kolimator optik setup : lensa cembung atau cermin cekung dengan Ray Tube Katoda, light emitting diode, atau layar kristal cair pada fokusnya. Ini setup (desain yang telah ada sejak penemuan pandangan reflektor pada 1900) menghasilkan gambar dimana cahaya paralel IE dianggap berada di tak terhingga.
- Combiner ini biasanya sepotong datar miring dari kaca yang terletak langsung di depan penonton, yang mengarahkan gambar yang diproyeksikan dari proyektor sedemikian rupa sehingga dapat melihat bidang pandang dan citra infinity diproyeksikan pada waktu yang sama . Combiners mungkin memiliki lapisan khusus yang mencerminkan monokromatik cahaya diproyeksikan dari unit proyektor sementara memungkinkan semua lain panjang gelombang cahaya untuk melewati.
- Generasi Pertama-Gunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari lapisan fosfor layar merendahkan dari waktu ke waktu. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini.
- Generasi Kedua-Gunakan sumber keadaan menyala terang, misalnya LED , yang dimodulasi oleh layar LCD untuk menampilkan gambar. Sistem ini tidak memudar atau memerlukan tegangan tinggi sistem generasi pertama. Sistem ini berada di pesawat komersial.
- Generasi Ketiga-Gunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung di combiner daripada menggunakan sistem proyeksi.
- Generasi Keempat-Gunakan laser scanning untuk menampilkan gambar dan bahkan gambar video pada media transparan yang jelas.
Desain faktor
Ada beberapa faktor yang saling mempengaruhi dalam desain HUD:- Field of View - juga "FOV", menunjukkan sudut secara vertikal maupun horizontal, subtended di mata pilot, bahwa combiner menampilkan simbologi dalam kaitannya dengan tampilan luar. Sebuah FOV sempit berarti bahwa pandangan (landasan pacu, misalnya) melalui combiner mungkin termasuk informasi tambahan sedikit di luar batas-batas dari lingkungan landasan pacu, sedangkan FOV lebar akan memungkinkan 'lebih luas' pandangan. Untuk aplikasi penerbangan, manfaat utama dari FOV lebar adalah bahwa pesawat mendekati landasan pacu di sebuah crosswind mungkin masih memiliki landasan dalam pandangan melalui combiner, meskipun pesawat tersebut menunjuk jauh dari ambang batas landasan pacu, di mana FOV sempit landasan pacu akan 'dari tepi' dari combiner, keluar dari pandangan HUD. Karena mata manusia dipisahkan, setiap mata menerima gambar yang berbeda. Gambar HUD dapat dilihat oleh satu atau kedua mata, tergantung pada keterbatasan teknis dan anggaran dalam proses desain. Harapan modern adalah bahwa kedua mata melihat gambar yang sama, dengan kata lain "Lapangan teropong of View (FOV)".
- Collimation - Gambar yang diproyeksikan akan collimated yang membuat sinar cahaya paralel. Karena sinar cahaya sejajar dengan lensa mata manusia memfokuskan pada tak terhingga untuk mendapatkan gambar yang jelas. Gambar collimated pada penggabung HUD dianggap pada ada atau dekat optik tak terhingga.
- Eyebox - menghasilkan silinder cahaya paralel sehingga tampilan hanya dapat dilihat sementara mata pemirsa di suatu tempat di dalam silinder yang, daerah tiga dimensi yang disebut kotak kepala gerakan atau Eyebox. HUD modern eyeboxes biasanya sekitar 5 lateral oleh 3 vertikal dengan 6 inci memanjang
- Terang / kontras - Menampilkan memiliki penyesuaian, pencahayaan dan kontras untuk memperhitungkan pencahayaan sekitarnya, yang dapat sangat bervariasi (misalnya, dari sorotan awan cerah untuk pendekatan malam berbulan untuk bidang minimal lit).
- Boresight - Pesawat HUD komponen sangat akurat selaras dengan tiga pesawat sumbu - sebuah proses yang disebut boresighting. sehingga data yang ditampilkan sesuai dengan kenyataan biasanya dengan akurasi ± 7,0 mil.
- Scaling - The gambar yang ditampilkan (jalur penerbangan, pitch dan yaw skala, dll), yang ditingkatkan untuk menyajikan kepada pilot gambar yang lapisan dunia luar dalam hubungan 1:1 yang tepat. Sebagai contoh, obyek (seperti batas landasan pacu) yang 3 derajat di bawah cakrawala sebagai dilihat dari kokpit harus muncul di indeks derajat -3 pada layar HUD.
- Kompatibilitas - HUD komponen dirancang agar kompatibel dengan avionik lain, menampilkan, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar